dan banjir pun datang lagi

ya, setiap tahun, pasti yang namanya daerah dayeuh kolot mesti aja kena banjir. Dan tiap tahun pasti ane mesti kebagian kapegat banjir. Kayak jumat kemaren (27/4), ane kapegat banjir di daerah dayeuh kolot, tepatnya depan pom bensin setelah jembatan citarum.

waktu itu saya pulang dari UPM jam 9 malem, bareng sang PU, umu. kalau pulang sama umu, saya lewat jalur buah batu, supaya ngga muter teuing. Biasanya, kalau diatas jam 9 malem jalan udah ngga macet lagi, jadi rada resep mun ngebut. tapi malam itu ngga, karena pas lewat jembatan tol buah batu, jalanan macet, ngga kayak biasanya. Wah saya pikir pasti di jalan mohamad toha, terutama palasari pasti banjir, soalnya banyak angkot banjaran yang juga lewat sini.

Walaupun macet, saya bisa lewatin jalan bojong soang lumayan cepet. Atuda enak pake motormah, bisa selap selip hehe…. di pertigaan bojong soang, saya milih lewat dayeuh kolot, da kalau lewat bale endah mah poek.. jadi rada seremm. apalai aki motor udah ampir abis, jadi lampuna ngga terlalu cekas. pas nyampe depan masjid agung dayeuh kolot [yang dari dulu dibangun tapi ga pernah beres], jalan sudah tergenangi air. Tapi untung masih sekitar se mata kaki, jadi masih bisa dilewati sama mio.

pas udah lewat jembatan, ternyata air lebih tinggi daripada sebelumnya. mau balik lagi kagok, mau terus, takut si mio ga bisa lewat. Apalagi listrik sekitar jembatan mati, jadi pararoek.. akhirnya saya nekad untuk nembus itu banjir. dan bener saja, ternyata banjir sangat dalam, mungkin sampai setengah ban mio masuk air. karena ga ingin mio nya jadi mogok, saya tarik gas aja sambil ngerem, meh teu ngebut pisan. dan akhirnya saya bisa nglewatin itu banjir.. senengnya… walaupun akibatnya rem belekang dan depan jadi ga pakem, kayaknya ngelos gitu..

saya mungkin masih sedikit beruntung. sebab adik saya, yang pulang duluan [pulang jam setengah enam dari kampus], baru nyampe ke rumah jam 10 malem. katanya, dia kejebak di daerah pabrik daliatex, dan harus jalan kaki dari sana sampe zipur dayeuh kolot. waktu itu air di jalan udah setinggi satu meter… kabayang kalau saya pulangnya lewat sana, meureun tenggelam mio ku…. 

kayaknya ntarmah jangan coba-coba lewat sana lagi kalo banjir. tapi kalau ga lewat sana, lewat mana? sepertinya banjir ini kado yang terindah bagi pa Obar yang baru MERAYAKAN ulang tahun kabupaten bandung yang ke 366.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s