Software untuk belajar Matematika

Sudah banyak software yang dibuat di lingkungan windows untuk menunjang kuliah anak-anak matematika (atau mereka yang suka bergaul sama yang namanya perhitungan🙂 ). Contohnya Maple, untuk praktikum Kalkulus dkk, SPSS atau Minitab buat praktikum statistik, Cabri atau Sketchpad buat belajar geometri, Matlab (belum pernah coba buat apa saja), ISETL buat belajar Aljabar, dan -tentu saja- MS Excel buat pengolahan data🙂

Lalu apakah software-software di atas ada versi linux nya? Saya nggak tahu. Kalaupun ada, tetep aja mungkin harus beli (masa di linux masih ngebajak software? hehehe). Tapi ada beberapa software yang sependek pengetahuan saya rada-rada mirip sama program-program di atas. Yang di bawah ini beberapa yang pernah saya coba.

GnuPlot
Ini merupakan program pertama yang saya tahu bisa digunakan untuk menunjang kuliah. Katanya sih program ini mirip Maple (iya gituh? kayaknya enggak deh..). Ya minimal bisa menggambarkan grafik persamaan yang cukup sulit kalau harus dibuat manual. Waktu itu program ini saya pakai dalam kuliah Kalkulus 3, karena bisa menggambarkan grafik dari persamaan 3 variabel (3D). Walaupun hasilnya masih jauh dari keluaran Maple, saya pikir grafiknya sudah cukup bagus. (Apalagi dengan kenyataan bahwa program ini “gratis” hehe). Tapi saya nggak tahu apakah di gnuPlot bisa menghitung fungsi,integral misalnya, seperti di maple (kayaknya enggak deh..).

KmPlot
Kalau GnuPlot dianggap kurang bersahabat (karena tampilannya ga bersahabat hehe…), maka KmPlot bisa menjadi salah satu alternatif. KmPlot atau Mathematical function Plotter for KDE ini sudah ada dalam paket KDE, kalau kamu install lengkap. Program ini menurut saya cocok bagi kamu yang sedang belajar relasi dan fungsi, termasuk yang sedang belajar fungsi kuadrat. Kadang pusing kan menggambar fungsi itu? (saya aja masih suka pusing hahaha)


Kig
Kig (KDE Interactive geometry) -seperti KmPlot- merupakan salah satu perangkat lunak yang dibungkus KDE, termasuk dalam kategori Edutainment/Mathematics. Sependek pengetahuan saya, perangkat ini lumayan mirip dengan Cabri (yang berbayar itu), setidaknya bisa memeriksa apakah suatu garis itu tegak lurus atau tidak, dll. Bagi kamu yang masih SMP atau SMA, sepertinya perangkat lunak ini lumayan membantu dalam mempelajari geometri. Mungkin.

Sayang saya nggak tahu apakah program seperti ini ada di paket Gnome atau nggak.😦

R-software
Ini untuk statistik. Tapi sampai saat ini saya nggak tahu cara penggunaannya😦. Bahkan beberapa (atau semua?) teman saya yang ngambil konsentrasi statistik nggak tahu apa itu R-software. Padahal dari beberapa makalah yang pernah saya baca, ternyata di luar negeri mah banyak juga peneliti yang memanfaatkan program ini untuk mengolah data statistik. Sepertinya saya harus belajar menggunakan software ini.

oOo calc
Tentunya bagi yang pake linux mungkin udah nggak asing lagi sama program ini. Jadi nggak usah ditulis di sini ah haha..

Bagi para pengguna matlab, ada scilab yang katanya seperti matlab. Karena saya belum pernah coba matlab, saya nggak tahu apakah program ini mirip sama matlab atau enggak. Ada juga software yang (menurut saya sih) sangat bagus, bahkan keren, yaitu XaoS. Dengan software ini kita bisa belajar geometri fractal, yang grafiknya sungguh menakjubkan. Jadi kepengen belajar fungsi mandelbrot dkk euy..

Sayangnya saya belum tahu apakah ada software padanan untuk isetl. adakah yang tahu?

One thought on “Software untuk belajar Matematika

  1. kalau pemanfaatan program CABRI untuk pembelajaran geometri gmn y????mslnya mo nyari luas juring lingkaran…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s