Nonton Samagaha Tanpa Beranjak dari Kamar

Senin kemarin (26/1) terjadi peristiwa alam yang lumayan langka, yaitu gerhana matahari atau samagaha. Beberapa daerah di Indonesia dipastikan dapat melihat gerhana ini. Menurut koran Tempo sih katanya gerhananya tidak total, tapi cincin.

Sebagai umat Islam yang baik yang ingin mengikuti sunnah Rasul, maka di masjid kampung saya diadakan shalat Gerhana. Ternyata kesadaran masyarakat di sekitar kampung saya lumayan baik. Ini terbukti dari penuhnya mesjid, bahkan sampai ke teras luar. Padahal biasanya mesjid tidak seramai ini.

Hanya saja, karena gerhana terjadi di musim hujan, maka dari kampung saya terjadinya gerhana tidak bisa terlihat karena tertutup mendung. Sayang sekali. Padahal ini peristiwa langka, dan mungkin baru terjadi beberapa tahun lagi. Mungkin.

Untung di Slackware ada program Kstars, sebuah program edukasi dari KDE untuk mempelajari posisi dan gerak planet-planet. Dengan tampilan yang sederhana tapi cukup lengkap, kita bisa melihat proses gerhana dengan baik. Bahkan kalau komputer saya terkoneksi ke internet, akan lebih banyak lagi fiturnya, seperti mengetahui data objek yang diamati dari wikipedia, bahkan dari NASA.

gerhana2

Dengan Kstars lah saya bisa melihat gerhana dengan lengkap, mulai dari awal sampai akhir, bahkan dari posisi yang berbeda dari seluruh dunia. Karena penasaran, saya coba mencari kapan lagi gerhana akan muncul. Setelah lama mencari, menurut Kstars tanggal 15 Januari tahun depan bakal ada gerhana lagi, masih cincin. Cuma nanti lokasinya bukan di Indonesia, tapi di daerah Afrika. Benarkah? Kita lihat saja tahun depan.

gerhana3-150110-nigeria

gerhana4-150110-jakarta

BTW apakah Kstars bisa digunakan untuk menentukan penanggalan hijriah nggak ya?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s