Mencoba Upgrade Slackware

Sudah lama saya ingin mengupgrade komputer dengan versi 13.0. Hanya saja, karena peluncuran Slackware bertepatan dengan Rulan Ramadan sementara di bulan itu saya nggak mau tidur di kantor, maka saya belum bisa mengunduh filenya. Maklum, saya masih mengandalkan benwit punya kantor hehe. Karena itulah saya baru bisa mengunduh file iso slackware minggu kemarin.

Awalnya ketiga file iso bakal saya bakar ke cd, namun berhubung saya males ke warnet hanya sekadar bakar cd, akhirnya nggak jadi. (padahal nggak punya duit buat ngebakar heuheu). Akhirnya ketiga file itu beberapa hari nganggur di harddisk.

Nah, waktu coba-coba buka file cd 1, ternyata ada petunjuk buat upgrade dari 12.2 ke 13.0. ya sudah, daripada keluar uang untuk bakar cd, lebih baik coba sesuatu yang baru. Kalau pun nanti gagal, tohbisa melakukan cara brutal seperti install versi 12.2.

Singkat kata, hampir semua langkah yang ditulis pak Patrick Volkerding, suhu Slackware. Untuk cd 1 dan cd 2 perasaan nggak ada masalah.  Cuma waktu upgrade KDE, ada beberapa error yang tampak, terutama untuk software yang pada 12.2 memang nggak diinstal, seperti koffice (karena sudah ada openoffice).  Mungkin karena saya nggak nambahin opsi –install-new waktu menjalankan perintah upgrade. Setelah sedikit ngedit lilo, direstart lah komputer saya itu dan masuk mode init 3 alias mode teks, seperti versi terdahulu.

Setelah coba masuk, saya coba ketik startx. Dan ternyata seperti biasanya, saya belum bisa masuk GUI. Penasaran, saya coba ganti nama xorg.conf,lalu coba lagi. hasilnya? Masih belum bisa😦

Penasaran, saya coba ketik startkde. Dan wlehwlehe… ternyata file ini nggak ada di mana pun! Kenapa? Padahal saya sudah instal semua paket KDe, seperti versi sebelumnya? Aneh… Untung saya nggak cuma nginstal KDE, tapi juga fluxbox sama XFCE. Pertama saya coba fluxbox (startfluxbox), hasilnya sama😦. Penasaran, saya coba startxfce4, dan ternyata akhirnya bisa masuk juga….

Aneh, padahal waktu di 12.2 XFCE nggak jalan alias error. Sementara di 13.0 bisa. Lebih aneh lagi, kenapa KDE nggak bisa? Sepertinya harus diinstal ulang nih KDE nya..

Sudah ah nulisnya, bisi teu ngartieun nu macana haha.. paduli ah

2 thoughts on “Mencoba Upgrade Slackware

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s