Bulan Boros

TIBA-TIBA .. trat … trat … trat … suara senjata meletus dengan keras. Trat, trat, trat .. dengan cepat suara senjata susulan terdengar bersahutan. Semua terkejut. Orang-orang refleks tiarap. Tapi dengan cepat pula, banyak yang berlari berhamburan. Mereka menjauhi tentara-tentara yang mulai melepaskan peluru-peluru tajam dari moncong senjata mereka.
***
Bulan ini terasa sangat boros sekali. Banyak yang dibeli, banyak yang harus dibayar. Beli buku, beli rubik, dan bayar pajak motor. Baru nyadar, padahal gajian masih lama, apa bisa bertahan hidup dengan sisa gaji yang pas-pasan ini? hehe..

Berawal dari iseng-iseng cari beasiswa, saya menemukan sebuah novel bagus. Ternyata ketika saya cari di pasar buku Palasari, buku itu sedang kosong. Nggak mau sia-sia, akhirnya saya membeli buku lain, padahal awalnya nggak berencana beli buku itu. Maka, satu buku telah terbeli. Tapi, karena sudah sangat penasaran, saya cari buku itu di Gramedia. Dan terbeli lah buku itu dengan harga resmi, tanpa diskon😦. Maka, bulan ini sudah dua buku yang dibeli.

Lalu, saya beli rubik, gara-gara iseng-iseng browsing dan menemukan situs tentang rekor rubik. Jadi pengen belajar rubik. Rubiknya murah sih, cuma 5 ribu. Tadinya mau beli yang ori. Tapi lihat di FJB kaskus, ternyata harganya bisa sampai 200 ribu. wew. mahal amir. Untungnya sodara saya yang masih SD pernah lihat ada yang jualan rubik di dekat sekolahnya. Jadi, saya nitip saja ke dia, beli dua rubik. Satu untuk saya, satu untuk sodara saya. Meh pinter🙂

Tadinya, setelah bayar pajak motor, saya pikir nggak akan beli barang-barang lagi. Tapi karena ternyata bayar pajak hanya 150 ribu (dari perkiraan 200 ribu), akhirnya saya pergi ke kota untuk menghabiskan sisa uang pajak. Tujuan saya ke pesta buku yang digelar di Braga. Mumpung masih ada, soalnya hari ini (23/02/2010) merupakan hari terakhir. Kata paman saya yang kolektor buku, biasanya di pameran buku suka ada buku-buku unik yang terkadang susah dicari. Ya sudah, setelah dari samsat Rancaekek, saya pergi ke Braga. Mumpung liburan. Berharap menemukan buku langka dan unik.

Awalnya, saya hanya mau beli satu buku. Buku apa saja, yang penting rame dibaca. Dan ketemulah satu buku, yang sudah sejak masih kuliah saya ingin baca dan beli, tapi belum kesampaian, karena bukunya sudah lama dan susah dicari –padahal tinggal ke palasari aja lagi. Buku itu karangan pak Jujun Suriasumantri. Setelah beli buku itu, tadinya mau langsung pulang, tapi karena belum semua stand saya kunjungi, saya putuskan lihat-lihat stand yang lain, mudah-mudahan ada buku yang unik.

Ternyata ada stand yang unik. Jual buku murah lebih tepatnya. Banyak buku berkualitas dijual murah, mulai dari Rp10 ribu sampai Rp20 ribu. Dari terbitan dalam negeri sampai luar negeri. Saya tak tahan godaan untuk beli satu buku. Maka bertukar tempatlah duit 20 ribu dengan sebuah buku.

Saya keliling-keliling lagi, dan menemukan ada lagi stand yang jualan buku murah, dan di sini ternyata lebih lengkap! Bahkan, buku-buku luar negeri yang dijual di stand ini lebih baru, minimal cetakan tahun 2000an, walaupun ada yang terbitan lama. Di sana ada satu buku yang menarik perhatian saya, buku berjudul Jurnalisme Sastrawi, buku yang selama kuliah sudah sering saya dengar dan baca resensinya, tapi belum pernah saya lihat wujud bukunya. Melihat fisik bukunya yang masih bagus, saya pikir Rp40 ribu termasuk murah. Apalagi kualitas kertasnya juga bagus. Maka, lagi-lagi uang saya berganti rupa dengan sebuah buku setebal 324 halaman itu. Dan saya tak menyesal beli buku itu.

Oiya, paragraf pertama di atas, merupakan kutipan dari salah satu tulisan di buku Jurnalisme Sastrawi, judulnya Sebuah Kegilaan di Simpang Kraft. Tulisan tentang peristiwa penembakan (atau pembantaian?) saat demo rakyat Aceh. Tulisannya menarik, seperti novel.

Sepertinya bulan depan saya nggak bisa beli buku nih. Sudah habis jatahnya heuheu.. Kecuali ada yang mau nyumbang buku ke saya🙂

6 thoughts on “Bulan Boros

  1. kayanya buku yang terakhir kau beli kurang rame deh…
    karena sejarah abiz jigana mah…
    hehehe….

    =========

    nyarios we hoyong nambut bu hehehe

  2. gimana mau nyumbang?
    saia ajah kalo baca buku nunggu pinjaman dr teman…hehehe

    *slm knl dan mksih udah mampir di blogkuw ya*

    ============

    ya mungkin kalo ada rezeki berlebih boleh lah bu😀
    makasih juga yah dah berkunjung

  3. saya kayaknya bulan ini parah juga mas gaji 5jt cuma tinggal 500rb an ,yang bikin duitnya habis juga ga tau buat beli apa .

    ========

    wow 5jt? keren banget gan😀. ane tak sebanyak itu hehe

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s