Ceroboh

SEBERAPA cerobohkah kamu? Saya termasuk orang yang ceroboh. Setidaknya suka ceroboh, meski nggak sering. Salah satunya, saya cukup ceroboh untuk memberikan data-data privasi untuk diakses di situs jejaring sosial, terutama masalah data tanggal lahir.

Padahal, dari data kelahiran bisa diketahui banyak hal. Mulai dari umur, perkiraan waktu sekolah, kuliah, dll. Bahkan banyak teman saya yang memakai tanggal kelahiran untuk password akun mereka. Juga, mungkin saja banyak yang pakai tangal lahir untuk password PIN ATM. Artinya, jika kita bisa mengetahui tangal lahir seseorang, bisa saja kita coba untuk membuka akses terhadap akun mereka.  Dan itu BERBAHAYA.

Awalnya, waktu mendaftar di fesbuk, saya nggak terlalu sadar akan hal itu. Sehingga dengan mudah memasukan data pribadi. Mungkin agar terkesan gaya😀. Padahal, biasanya saya tidak selalu jujur memberikan data privasi, apalagi untuk situs-situs gratisan semacam fesbuk, yang begitu gamblang menampilkan data pribadi kita untuk khalayak.

Namun, ketika membaca blognya pak Budi Rahardjo, saya baru sadar, bahwa data-data yang sepintas remeh temeh bisa digunakan sebagai bahan untuk social engineering dan mengorek data lebih dalam lagi. Terutama, ya itu tadi, kepada orang yang ceroboh seperti saya.

Akhirnya saya coba ganti beberapa data yang termasuk privasi, salah satunya tanggal lahir itu tadi  (toh nama saya udah terkenal wekekeke😆 ). Sayangnya, ternyata ada ketentuan bahwa di fesbuk kita ngak bisa mengganti tanggal lahir kita. Menurut Yahoo Answer, this is considered violating the security rule.

Nggak percaya? Coba saja buka profil fesbuk kamu, terus coba edit. Pada bagian tanggal lahir, kita nggak bisa mengeditnya. Hanya ada pilihan bahwa apakah kita mau menampilkan data tersebut secara lengkap, hanya bulan datanggal saja, atau tidak sama sekali. Tak ada opsi mengubah tanggal lahir.

Lalu bagaimana, apa kita masih bisa mengubah tanggal lahir itu? Untungnya bisa. Setelah mencoba googling dan mengubek-ubek Help Center fsbuk, akhirnya ada satu cara yang saat ini masih bisa digunakan. Caranya, gunakan ponsel kamu (tentunya yang bisa internetan, jangan seperti hape saya yang cuma bisa nelpon dan smsan hihi), lalu buka situs fesbuk mobile. setelah login, buka profil kamu, lalu edit. Nanti pas bagian birthday, cobalah edit. hasilnya? Voila! Ternyata bisa!

Lalu bagaimana dengan saya yang nggak punya hape keren bin modern? Tentu saja masih bisa. Caranya sama kok, cuma bedanya masih pake komputer. Tinggal masukkan alamat m.facebook.com di browser kamu, lalu buka profil, dan edit deh data kamu.

Bagi kamu yang lagi cari cara buka data rahasia pribadi seseorang dari internet, khususnya fesbuk, tenang saja. Masih banyak jalan ke Roma, kata pepatah. Begitu juga untuk masalah ini. Salah satu caranya, pakai mbah Google😀. (Itu berhasil untuk saya heuheu😆 ).

Masih mau menampilkan data rahasiamu?:mrgreen:

13 thoughts on “Ceroboh

  1. Iya hahn, Budi Rahardjo juga Ono Purbo sering wanti2 soal menampilkan atau memebrikan data pribadi di internet. Siapapun memang memiliki potensi untuk menyalahgunakan data/informasi yang kita miliki. Yang paling mudah tentunya adalah untuk tujuan spamming.

    Tapi kalau saya malah ingin semua orang bisa nangkring, ngopi atau berlalu-lalang di internet dengan rasa aman. Kita tahu bahwa kita punya hak untuk merasa aman bercakap tanpa masker di muka kita atau berkenalan dengan nama asli kita.

    Nah, berkenaan dengan Facebook, saya dapat link dari @prajnamu bahwa Facebook ternyata punya kontrol yang begitu besar atas informasi/data pribadi kita. Pernah terpikir untuk menghapus akun di Facebook? Kalau pernah, bisakah kita benar-benar menghapus akun itu? Setahu saya, kita cuma bisa meng-deactivate saja.

    Coba cek artikel di Gizmodo: “Top Ten Reason Why You Should Quit Facebook” http://goo.gl/Iw2K
    (Gizmodo sendiri punya akun di Facebook, hehe…)
    _________________________________
    Matakna bos, mulai saatnya kita palsukan data diri kita hehe….
    nuhun link na. menuju tekape….

  2. data yang ga terlalu privacy ya ga keberatan aq share yang pribadi n rhs yaaaa… aq kekebi ga bulehh ada yang tau…😛
    sualnya aq ga punya hape kek gtu siiih… hapeku jadul bgt…😦
    ____________
    tenang, hape ane juga jadul banget😀

  3. rose ga punya FB, paling blog ma twitter aja… itu juga passwordnya aku modifikasi sendiri… ^^
    _____________
    wah keren nih, ga mau terbawa arus hehe…

  4. hehe… klo liat akun FB sendiri, malah di kasih note : no basic information.. hehe,, gak diisi data-data nya atau tidak mau ditampilkan semua.. 😀

    ya, moga-moga dengan cara begitu sudah termasuk aman.
    ___________________
    wah itu baru keren gan😀

  5. rahasia alias privacy yang telah diberikan oleh penyedia layanan seperti Facebook, seperti ada tepatnya, tapi kita (orang Indonesia) jarang membaca TOS dari apa yang sudah mereka buat untuk penggunanya.

    semua resiko jdi tanggungan mereka. contoh kecil, email yang kita punya saya seperti di yahoo, gmail, dsb sangat rentang terbuka untuk publik, baca saja di bawah situs tersebut pasti tertera tulisan kecil disana.🙂
    ________________________
    itulah masalahnya, biasanya yang kayak gitu ga dibaca hehe…

  6. caritanamah meh terkenal menampilkan tangal lahir di FB teh…tapi ternyata….
    thanks informasinya suhu!

  7. iyaaa aku jg udah gak pake tahun lahir kadang malah gak didisplayin infony buat keamanan hehe
    soalny bnyk account tmn yg kena hack
    makasi y infonyaa

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s