Kutu di BlankOn?

Sudah beberapa minggu terakhir ini saya kembali menggunakan BlankOn di laptop Acer saya. Biasanya, saya menggunakan Slackware atau kalau sedang terpaksa (ingin main :D) baru pakai Windows. Tentunya saya pakai BlankOn terbaru, Pattimura yang baru dirilis 17 Agustus lalu.

Untuk menginstallnya lumayan membutuhkan perjuangan. Awalnya, karena pernah instal Ombilin, saya ingin coba metode upgrade. Alasannya, Ombilin saya sudah banyak dikostum, sayang banget kalau harus dibangun dari awal lagi.

Namun karena koneksi di rumah (sangat) terbatas (sekali), saya coba upgrade di ruangan humas Pemkot Bandung, kebetulan koneksi di sana lumayan kencang, jadi bisa nyolong banyak bandwidth😀.

Karena ternyata file yang harus diunduh sangat besar dan banyak, sementara waktu curi bandwidth di sana terbatas, akhirnya saya stop dulu proses upgrade. Tadinya mau coba dilanjut di tempat lain. Kampus atau kantor misalnya.

Namun apa yang terjadi, ketika saya coba lagi upgrade, ternyata ada masalah. Laptop saya tidak bisa masuk ke BlankOn. Sudah dicoba masuk lewat Salckware dan nantinya di-chroot, tapi gagal juga. Bahkan grubnya juga eror, jadi nggak bisa masuk ke mana pun😦

Akhirnya dengan terpaksa saya instal ulang itu BlankOn lewat Flashdisk. Dan berhasil dengan baik sekali. Ya, sudah tahu kan kalau instal Blankon lewat CD atau flashdisk sangat mudah dan cepat? hehe..

Ok, itu baru instal. Sekarang ke masalah utama. Setelah mulai nyaman dengan tampilan baru BlankOn (waktu pakai Ombilin saya instal MacBuntu, jadi mirip mekintos hehe), BlankOn mulai berulah. Awalnya hanya sekali.

Waktu itu, saya sedang browsing pakai Chromium, dan buka beberapa aplikasi, salah satunya Eclipse dan Nautilus. Ketika lagi asyik browsing, tiba-tiba saja komputer restart sendiri, masuk ke mode teks gitu. Terus masuk ke menu login. Waktu dibuka lagi, semua aplikasi yang saya buka sudah lenyap.

Itu baru sekali. Oke mungkin laptopnya panas, jadi restart. Setelah itu beberapa hari tidak eror. Tapi belakangan terjadi lagi. Restart, masuk mode teks, masuk menu login.

Apakah ini kutu di BlankOn atau karena ada yang salah dengan laptopnya ya? Soalnya kalau pakai Slackware atau pas pakai Ombilin, ini nggak terjadi. hmmm..

Biar begitu, saya masih cinta ini BlankOn, karena ternyata sangat ringan. Saya buka Netbeans, PDF, Libre, Nautilus, nggak terlalu berat. Kalau saya buka itu aplikasi di Windows atau pas Ombilin, mungkin sudah tewas leptopnya. Minimal pingsan hehehe..

 

Sudah ah, kepanjangan😀..

6 thoughts on “Kutu di BlankOn?

  1. Nice, ada Macbuntu, ya ternyata, saya gak tahu.😀 😀

    Ada dong.. lumayan sebagai obat bagi yang pengen macbook, tapi ga punya duit😀

  2. Ping-balik: Kernel Panic! | cacatan kecil

Tinggalkan Balasan

