Ramadhan yang bolong-bolong

Ramadhan sudah berakhir. Banyak target yang dicanangkan di awal bulan yang akhirnya cuma wacana saat Ramadhan berakhir. Dasar tukang wacana!

Sepertinya dibanding Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, Ramadhan tahun ini banyak bolongnya. Bukan, bukan bolong puasanya. Kalau itu mah alhamdulillah selalu tamat, kecuali kalau memang sakit ya. Alhamdulillah sependek ingatan saya, saya belum pernah sengaja batal puasa dengan alasan yang diada-adakan. Atau pura-pura puasa. Lumayan lah hehe.

Ini mah masalah tarawih. Kalau dihitung-hitung, tahun ini saya cuma 3 kali salat tarawih berjamaah di masjid. Sisanya salat sendirian. Itu pun beberapa nggak tamat, kadang cuma 8 rakaat, malah ada yang cuma 4 rakaat😀. Dan beberapa kali nggak tarawih karena ketiduran dan sakit. Kalau ditotal, mungkin cuma 20-an kali saya tarawih, dengan galat +-5. halaah.

Memalukan, padahal di kantor ada masjid yang hampir setiap malam gelar salat tarawih berjamaah. Tapi ya gitu deh, dengan alasan bahwa kerja itu wajib sementara tarawih itu sunat, maka saya nggak pernah ikutan tarawih berjamaan di masjid kantor. Alasan yang mengada-ada😀.

Satu lagi yang cuma wacana adalah baca alquran. Waktu sebelum puasa, sebenarnya sudah punya target ingin tamat 30 juz hingga akhir Ramadhan. Seperti biasa, di seminggu pertama ngajinya ngebut. Sehari bisa tamat 2 juz. Eh pas minggu kedua langsung landai, dan hingga tadi sore, ngajinya nggak sampai setengahnya. Duh.. Padahal tahun lalu masih agak mendingan, berhasil sampai 15 juz.

Dan banyak amal ibadah lainnya yang cuma wacana yang kalau dituliskan disini bikin malu saja. Semoga masih diberi umur sampai Ramadhan tahun depan, dan semoga tahun depan nggak cuma wacana.

Selamat Lebaran, gaes. Selamat Idulfitri. Selamat hari raya makan-makan. Taqobbalallahu minna wa minkum.

*diunggah semenit sebelum tanggal 6 Juli demi tetap ikut #juliNgeblog

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s